Paket Pernikahan Adat Jawa Komplit

Paket Pernikahan Adat Jawa Komplit

Susunan acara pernikahan adat Jawa tergolong panjang. Namun bagi sebagian orang Jawa yang masih memegang kuat pakem adat, seluruh prosesi tersebut harus berlangsung sekalipun menelan biaya besar, menguras tenaga, juga waktu. Untungnya, zaman sekarang sudah banyak penyedia jasa wedding organizer (WO) sehingga calon pengantin Jawa tidak perlu repot lagi menyiapkan segalanya.

Bahkan dengan melibatkan WO, calon pengantin bisa mendapatkan gambaran seputar biaya untuk menggelar seluruh prosesi tersebut. Pranata Wedding Organizer misalnya. Wedding organizer Semarang sudah sekian kali sukses menangani resepsi pernikahan klien dari berbagai suku, menyediakan beberapa pilihan paket pernikahan adat Jawa mulai dari yang paling standar sampai paling komplit.

Dengan begitu, klien bisa menyesuaikannya dengan kemampuan ekonomi masing-masing, dan pengelolaan budget jadi lebih terarah. Tidak meleset jauh dari perkiraan semula sehingga meminimalkan terjadinya kebobolan budget.

Paket Pernikahan Adat Jawa Komplit

Wedding Organizer Semarang – +6282135207235

Buat yang penasaran bagaimana upacara pernikahan adat Jawa tersebut, berikut rangkaian prosesinya:

Memasang Tarub, Tawuhan, dan Bleketepe

Pemasangan tarub, tawuhan, dan bleketepe merupakan sebuah penanda bahwa beberapa hari lagi akan berlangsung sebuah pernikahan. Masyarakat Jawa meyakini bahwa tarub mampu memberi keteduhan bagi siaPA saja yang bernaung di bawahnya. Tak hanya memasangnya begitu saja, melainkan mempermanis dengan hiasan janur kuning dan bleketepe dari anyaman kelapa pula.

Berikutnya, pemasangan tawuhan pada kedua sisi pintu masuk. Tawuhan itu sendiri berupa buah-buahan dan rangkaian tanaman dengan sedemikian rupa, sebagai sebuah simbol kemakmuran bagi calon pengantin.

Baca Juga : Wedding Organizer Semarang, Solusi Pesta Pernikahan Mudah dan Nyaman.

Sungkem pada Orangtua dan Sesepuh

Tradisi sungkeman sebenarnya juga ada pada prosesi pernikahan adat lain. Hal tersebut menandakan bahwa sebegitu pentingnyalah tradisi yang satu ini. Beberapa tujuan di balik acara sungkeman yang sarat akan petatah-petitih ini, antara lain:

  • Memohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah calon pengantin lakukan terhadap orangtua, saudara, dan sesepuh masing-masing.
  • Bentuk rasa terima kasih dan bakti seorang anak pada orang tua dan seluruh orang-orang yang pernah berjasa pada kehidupan si calon pengantin.
  • Meminta restu dan doa untuk mengarungi babak kehidupan baru.

Siraman

Paket pernikahan adat Jawa dari wedding organizer Semarang ini juga memuat upacara siraman atau penyucian diri. Orang tua mengguyur calon pengantin dengan air kembang. Selain orangtua calon pengantin, beberapa kerabat lainnya juga boleh melakukannya dengan catatan semuanya harus berjumlah ganjil: 7 atau 9 orang.

Mengerik Rambut Calon Mempelai Wanita

Wedding Organizer Semarang – +6282135207235

Selepas siraman, perias pengantin akan meratus rambut calon mempelai wanita terlebih dahulu agar wangi hari pernikahan tiba. Setelahnya, perias juga akan mengerik rambut-rambut halus di sekitar kening calon pengantin wanita yang bermakna membuang sial. Baru kemudian membuat paes atau melukis keningnya dengan pola congkorong.

Adol Dawet

Prosesi lainnya berupa adol dawet atau menjual es dawet oleh orang tua calon pengantin kepada tetamu. Namun tentu saja jual beli ini tidak sungguhan. Alat tukarnya bukan uang melainkan tembikar atau koin dari tanah liat. Adapun filosofinya, segala kebutuhan hidup tersedia di alam dan manusia pada akhirnya akan kembali ke alam (tanah).

Midodareni dan Srah-srahan

Memasuki prosesi selanjutnya, calon pengantin wanita harus berdiam diri di kamar dengan riasan sederhana oleh sang ibu. Selama proses berdiam di kamar, ia akan mendapatkan wejangan-wejangan berumah tangga. Sedangkan calon pengantin pria datang ke rumah calon pengantin wanita untuk memperlihatkan kesiapannya menikahi sang pujaan hati esok hari.

Pada midodareni pula calon pengantin pria melakukan srah-srahan yang akan perwakilan keluarga calon pengantin Wanita sambut.

Upacara Panggih dan Serah Terima Sanggan

Wedding Organizer Semarang – +6282135207235

Upacara Panggih adanya selepas mempelai resmi menjadi sepasang suami istri. Prosesi ini diisi dengan taruan edan-edanan sebagai simbol kegembiraan tiada tara. Kemudian menyusul proses serah terima sanggan. Sanggan sendiri merupakan simbol untuk menebus mempelai wanita. Bentuknya berupa dua sisir pisang raja, kembang melati, kenanga, sirih ayu, telon, dan benang lawe.

Baca Juga : 5 Alasan Orang Memutuskan Menggunakan Jasa Wedding Organizer Semarang.

Galangan Gantal

Tak ketinggalan prosesi galangan gantal dalam paket pernikahan adat Jawa. Di sini kedua mempelai saling melempar gantal secara bergantian. Adapun gantal tersebut berupa buntalan daun sirih berisi bunga pinang, kapur sirih, tembakau hitam, dan gambir.

Wijikan atau Ranupada

Dalam pernikahan adat Jawa kita juga bisa melihat prosesi wijikan. Pada prosesi ini pengantin wanita harus membasuh kaki pengantin pria sebagai simbol pengabdian istri kepada suami.

Dhahar Khalimah

Pada prosesi dhahar khalimah pengantin pria membuat tiga kepal nasi yang kemudian meletakkannya pada piring yang pengantin Wanita pegang. Lalu pengantin wanita harus memakan nasi tersebut. Prosesi ini merupakan simbol kesiapan pengantin pria menafkahi istrinya.

Seperti itulah sebagian bentuk prosesi dalam paket pernikahan adat Jawa persembahan dari wedding organizer Semarang. Tampak repot memang, namun pengalaman ini akan membekas lama dalam hidup pengantin.

Di Luar Paket Pernikahan, 5 Hal Berbahaya yang Bikin Pernikahan Jadi Over Budget

Di Luar Paket Pernikahan, 5 Hal Berbahaya yang Bikin Pernikahan Jadi Over Budget

Sejatinya, biaya pernikahan itu tidaklah mahal. Yang mahal justru biaya resepsinya. Meski demikian, faktanya kalau sebagian besar calon pengantin tetap ingin mengadakan resepsi pernikahan. Sayangnya, pasca resepsi malah banyak pasangan suami istri yang pusing tujuh keliling karena kehabisan uang. Belum lagi tagihan-tagihan dari vendor yang terus berdatangan. Untuk itulah, mengenal lebih dekat dengan wedding organizer Semarang jadi langkah jitu.

Hindari 5 Hal Berbahaya yang Tidak Masuk ke Paket Pernikahan Murah

Pranata Wedding Organizer – +62857-0284-6871

Fenomena tersebut adalah sebuah bukti kegagalan calon pengantin dalam melakukan persiapan-persiapan sebelum acara. Sehingga terjadilah yang namanya over budget. Nah, buat siapa saja yang akan menikah dan berencana mengadakan resepsi, hindari 5 hal berbahaya yang Pranata Wedding sarankan berikut ini:

Perencanaan Kurang Matang

Resepsi pernikahan pastinya akan jadi salah satu momen penting dalam kehidupan pasangan suami istri. Karena bukan acara main-main, maka sudah sepantasnya jika calon pengantin membuat perencanaan yang benar-benar matang. Bukan sekadar latah ingin mencontoh orang lain atau mengikuti kemauan sana-sini.

Rencana yang kurang matang sangat mungkin menimbulkan kekacauan di kemudian hari. Rencana-rencanamu bakal banyak yang meleset karena prinsip-prinsipmu mudah tergoyah oleh tuntutan tau saran-saran orang sekitar. Mendengar saran memang bagus, tapi kalau terlalu banyak saran yang masuk itu akan membuatmu pusing sendiri.

Di samping itu, kamu akan sulit mengontrol pengeluaran karena terlampau banyak hal-hal yang bergeser dari rencana semula. Belum lagi risiko vendor-vendor berulah karena asal pilih, hidangan yang jauh dari kata cukup atau justru terlampau banyak bersisa, serta hal-hal menyebalkan lainnya. So, jangan kaget bila nanti terjadi over budget.

Terlalu Banyak Mengikuti Keinginan Orang-orang Sekitar

Poin kedua ini juga sama bahayanya dengan poin pertama. Tak jarang calon pengantin tertekan hanya karena memenuhi keinginan/tuntutan keluarga atau masyarakat dengan alasan menjaga tradisi turun temurun. Padahal tidak semua tradisi wajib ada dalam sebuah resepsi. Alhasil, akan banyak pengeluaran-pengeluran yang sifatnya tidak terlalu penting.

Sebagai sebuah wedding organizer Semarang profesional, Pranata Wedding mewanti-wanti agar para calon pengantin punya pendirian yang kuat. Lakukan pertimbangan-pertimbangan atas semua saran yang masuk dari keluarga maupun masyarakat sekitar. Namun jangan pernah takut menolak apabila saran-saran tersebut tidak memungkinkan dengan budget yang ada. Kamulah yang paling tahu bagaimana kondisi ekonomi kamu sendiri.

Pranata Wedding Organizer – +62857-0284-6871

Kurang Melakukan Survei

Hal berbahaya lainnya yang bikin budget resepsi pernikahanmu kedodoran ialah kurang survei saat memilih vendor. Padahal dengan memaksimalkan survei, kita bisa melakukan perbandingan harga antara satu vendor dengan vendor lainnya, sekaligus mendapatkan kemungkinan-kemungkinan lain seperti bonus tiket honeymoon, voucher staycation, dan sebagainya.

Memang kita butuh waktu yang cukup untuk bisa melakukan survei maksimal. Ini akan akan menjadi kendala bagi calon pengantin yang berkarier di kantor. Karena keterbatasan waktu, mereka jadi sulit survei vendor sana kemari. Alhasil mereka tidak punya alternatif yang cukup banyak ketika memilih vendor.

Di saat itulah mungkin kamu butuh keterlibatan wedding organizer Semarang salah satunya. WO akan mengambil alih 90% dari tugas-tugasmu mempersiapkan resepsi pernikahan.

Baca Juga : Wedding Organizer Semarang, Solusi Pesta Pernikahan Mudah dan Nyaman.

Terlalu Banyak Daftar Tamu Undangan

Membengkaknya budget juga bisa timbul dari seberapa banyak tamu undangan. Jamak yang punya mindset bahwa resepsi itu harus banyak mengundang orang-orang. Tidak salah memang, namun sesuaikan juga dengan kemampuan dana yang tersedia.

Semakin banyak tamu yang kamu undang, semakin banyak pula yang harus disediakan. Mulai dari kursi, hidangan, undangan, souvenir, dan lain-lain. Sebab, setiap tamu berhak atas jamuan yang sama. Tidak etis rasanya jika sebagian tamu pulang karena hidangannya habis sebelum acara berakhir atau terlalu banyak yang harus tegak lantaran jumlah kursi yang tersedia terlampau sedikit.

Maka dari itu, pertimbangkan matang-matang siapa saja yang memang perlu kamu undang. Bukan sekadar mengingat nama-namanya saja, tapi juga memprediksi seberapa besar kemungkinan mereka bisa hadir.

Seringkali orang mencantumkan beberapa nama dalam daftar undangan tanpa mempertimbangkan lokasi orang tersebut berada. Padahal, orang-orang yang berlokasi terlalu jauh dari tempat acara kemungkinan besar jarang hadir. Hanya karena namanya sudah tercantum dalam daftar, kita menyiapkan segala sesuatunya sesuai jumlah tersebut. Pada akhirnya terjadilah pemborosan.

Jadi jangan ragu untuk merampingkan jumlah tamu undangan, supaya kamu lebih mudah dalam mengendalikan pengeluaran-pengeluaran.

Pranata Wedding Organizer – +62857-0284-6871

Tidak Mengatur Hidangan

Dalam resepsi pernikahan biasanya tuan rumah menyajikan beberapa jenis menu selingan (food stall) di luar makanan utama yang wedding organizer Semarang sajikan. Supaya hemat, jangan keluarkan semua jenis camilan secara serentak. Sebab begitu disajikan, kita tidak akan bisa mengontrol sebanyak apa tamu akan mengambilnya. Sementara acara pesta masih panjang dan tetamu masih terus berdatangan.

Praktisnya, bila kamu menyediakan dua jenis menu tambahan, makan cukup keluarkan satu dulu. Ketika sudah habis baru keluarkan menu berikutnya. Dengan demikian tamu-tamu yang datang belakangan tetap kebagian.

Itulah 5 contoh hal berbahaya yang bikin calon pengantin kebablasan. Ujung-ujungnya budget meleset jauh dari perkiraan semula. Alih-alih happy, yang ada stres melanda setelahnya. Untuk itulah, kerja sama dengan wedding organizer Semarang dan memilih paket pernikahan di Semarang jadi jalan terbaiknya.

5 Alasan Orang Memutuskan Menggunakan Jasa Wedding Organizer Semarang

5 Alasan Orang Memutuskan Menggunakan Jasa Wedding Organizer Semarang

Semua calon pengantin pasti ingin mengemas acara pernikahannya sempurna mungkin. Selain untuk menciptakan sebuah pengalaman yang berkesan di hati pengantin, acara pernikahan juga bertujuan untuk menjamu tetamu undangan dan menyambung silaturahim. Dan wedding organizer Semarang selaku siap untuk mewujudkan keindahan acara pernikahan ini.

Siapa tahu, tamu-tamu undangan tersebut datang dari jauh. Maka sebuah kepantasan bila tuan rumah menyuguhkan pelayanan terbaik buat mereka, seperti makan, minum, hiburan, dan souvenir sebagai kenang-kenangan.

Alasan Orang Memutuskan Menggunakan Jasa Wedding Organizer Semarang

Untuk mewujudkan kesempurnaan itu, segala sesuatunya harus matang dari jauh-jauh hari. Hal tersebut tidaklah semudah yang terbayangkan. Namun, untungnya kini sudah ada yang namanya wedding organizer (WO). Di kota-kota besar, Pranata Wedding Semarang misalnya, keberadaan WO ini sangat mendapat perhitungan. Sebab, terbukti banyak calon pengantin yang merasa terbantu karenanya.

Adapun alasan orang lebih memilih menggunakan jasa wedding organizer di Semarang ketimbang mengurus segala sesuatunya sendirian, antara lain:

Menjaga Kondisi Psikis Calon Pengantin agar Tetap Waras

Pranata Wedding Organizer – +6285702846871

Repotnya menyiapkan segala sesuatu untuk menyelenggarakan pesta pernikahan adalah fakta yang tak terbantahkan. Saking repotnya, tak jarang membuat calon pengantin jatuh sakit dan emosional.

Alih-alih berbahagia, yang ada bikin stress. Bayangkan saja, untuk menggelar sebuah pesta pernikahan sederhana setidaknya kita tetap memerlukan kursi, tenda, pelaminan, hidangan beserta kelengkapannya, kostum, dan surat undangan.

Apalagi bila pestanya mewah dengan mengundang ribuan tamu di dalamnya, sudah barang tentu yang menjadi kebutuhan jadi lebih banyak. Takkan mungkin calon pengantin dan keluarga inti sanggup mengerjakan semua itu.

Maka demi menjaga kesehatan fisik dan mental agar tetap waras itulah sebagian orang merasa perlu melibatkan wedding organizer. Calon pengantin tinggal mendiskusikannya dengan WO tentang konsep pestanya seperti apa, tamu undangannya berapa banyak, budget yang tersedia, tempatnya di mana, pilihan menu, dan lain sebagainya. Setelahnya, tim WO yang akan mempersiapkan seluruhnya hal-hal paling sederhana sekalipun.

Pengantin Bisa Fokus pada Pekerjaan Utama

Dengan mempercayakan pesta pernikahan pada wedding organizer, calon pengantin yang berkarier di kantor tidak perlu pusing-pusing lagi membagi waktu antara pekerjaan utama dengan urusan persiapan pesta.

Sebab 90% urusan tersebut sudah diambil alih oleh tim WO. Dan mereka juga akan mengabari kliennya secara berkala mengenai progress pekerjaan yang sudah terselesaikan. Sehingga klien bisa lebih tenang dan fokus pada pekerjaan utamanya. Pasti tidak ada yang mau dong, gara-gara sibuk mengurus kebutuhan untuk pesta pernikahan malah berimbas buruk pada karier.

Pranata Wedding Organizer – +6285702846871

Ada Sharing Partner Berpengalaman

Pengalaman adalah modal penting untuk melakukan sesuatu. Begitu pula ketika seseorang bermaksud menyelenggarakan pesta pernikahan. Tanpa pengalaman sebelumnya, menjalankan prosesnya akan terasa berat, rumit, bertele-tele, dan memusingkan. Terlebih bila tidak punya partner diskusi yang tepat.

Dengan melibatkan wedding organizer Semarang, kita jadi punya sharing partner dan dapat insight bermanfaat. Biasanya WO-WO profesional seperti halnya Pranata Wedding, bukan cuma memposisikan diri sebagai mitra klien saja, tapi juga kawan sharing.

Jadinya akan komunikasi antara tim WO dengan klien terasa lebih santai, namun tetap efektif. Klien jadi tidak sungkan-sungkan menyampaikan keinginan-keinginan berkenaan dengan pesta yang akan terlaksana.

Percayalah, dengan adanya komunikasi yang clear antara kedua belah pihak, proses persiapannya jadi lebih lancar dan cepat.

Mendapatkan Gambaran Mengenai Biayanya

Banyak calon pengantin yang ingin menggelar pesta namun tidak punya gambaran pasti berapa dana yang mesti mereka persiapkan. Ketidaktahuan itu seringkali menghambat langkah atau justru membuat orang jadi kehabisan dana sebelum pesta terselenggara.

Karena penyedia jasa weeding organizer sudah berpengalaman menangani berbagai acara-acara besar termasuk pesta pernikahan, maka WO bisa membantu klien mendapatkan gambaran seputar biaya. Dengan adanya gambaran biaya, klien bisa menyesuaikan antara keinginan dengan budget yang ada.

Pranata Wedding Organizer – +6285702846871

Wedding Organizer Semarang Mengatur Jalannya Acara agar Tetap Tertib dan Tepat Waktu

WO juga bertugas menyiapkan rundown acara. Sehingga waktu yang tersedia pada hari H nanti dapat terpakai sebaik mungkin. Tidak ada jadwal yang meleset jauh dari planning semula. Dengan begitu, situasinya berlangsung tertib dan terkendali.

Tak sampai di situ, WO juga akan mengontrol ketersediaan hidangan. Apakah ada hidangan yang perlu di-refill kembali atau sudah cukup dengan yang ada di meja. Pengontrolan ini bertujuan agar tuan rumah tidak jadi bahan gunjingan tamu karena banyak yang belum kebagian. Sekaligus, untuk mengurangi risiko mubazir apabila jumlah tamu yang datang tidak terlalu ramai.

Demikian sejumlah alasan yang mendorong orang untuk menggunakan jasa wedding organizer di Semarang. Kendati banyak yang beranggapan biayanya lebih besar daripada mengurus sendiri, namun pada kenyataannya ada manfaat-manfaat lain yang bisa klien rasakan secara langsung.

Perihal harga, Pranata wedding organizer Semarang menyiapkan tiga paket pernikahan murah dengan harga yang bervariasi, seperti Paket Perak, Emas, dan Platina. Klien tinggal pilih sesuai budgetnya dan kemudian terima bersih hasilnya.